Walikota : Jangan Ada Limbah Dibuang Sembarangan

Standar

Tindak lanjut menuju kota yang bersih dan menyenangkan, dan melanjutkan kehidupan yang lebih baik, upaya untuk melestarikan lingkungan digalakkan Pemkot Manado. Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) yang sementara dilakukan dibeberapa kelurahan misalnya. Bekerja sama antara Asian Development Bank (ADB), KSM dan BKM yang ada di kelurahan, IPAL Komunal kembali dibangun. Kali ini di kelurahan Iingkungan II, Kelurahan Kairagi I Kecamatan Mapanget, yang secara langsung diletakkan batu pertama oleh Walikota Manado GS Vicky Lumentut Jumat (5/10) hari ini.
Dalam kesempatan tersebut, GSVL berharap dengan sudah dibangunnya IPAL Komunal di Kairagi II, warga diharapkan tidak lagi membuang limbah sembarangan.“Jangan ada limbah dibuang sembarang. Masyarakat berkewajiban untuk merawatnya. Karena IPAL ini sangat penting untuk kelangsungan hidup umat Manusia,” tegas GSVL di harapan warga Kairagi hari ini.
IPAL yang direncanakan untuk ‘melayani’ limbah 50 kepala keluarga dari 40 rumah yang ada di Kelurahan tersebut diharapkan mendapat dukungan dari seluruh warga.“Saya berharap ini hasil kesepakatan bersama untuk program sanitasi perkotaan. Percuma kalau itu dibangun tapi tidak didukung,” tegasnya.
Disisi lain, Suami tercinta Paulina Lumentut Runtuwene ini menegaskan, dalam pembangunan IPAL, warga diharapkan untuk memperhatikan waktu pelaksanaan, sehingga tidak melenceng dari waktu tender yang ditentukan.
“Pembangunannya harus berdasarkan pelaksanaan dan syarat teknis yang ditentukan sehingga pengerjaannya berjalan dengan baik dan lancar. Dan saya berharap 120 hari pembangunan yang direncanakan dapat tepat waktu,” singkatnya, sembari mengatakan tujuan sanitasi dan IPAL adalah untuk lingkungan yang semakin sehat dan tidak tercermar dengan limbah yang terbuang disembarangan tempat.Sementara itu, perencanaan pembangunan itu akan memakan dana kurang lebih Rp365.120.000, dengan perincian, Dana BLM dan swadaya masyarakat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s